Minggu, 19 Juni 2011

Dipilihnya Ban Tubeless Demi Keselamatan Bus Pariwisata

BAN merupakan bagian vital dari kendaraan yang seringkali kita abaikan.Mungkin pernah merasakan repotnya perjalanan kalau mengalami gangguan pada system roda khususnya ban, karena pengalaman sering apes gara-gara lupa ngecek ban sehingga perjalan menjadi lebih lama dan mengganggu kenyamanan penumpang. Dalam sebuah perjalanan pariwisata,terganggunya ban akan mengganggu jadwal acara juga.Maka setiap kru bus pariwisata selalu mengecek ban setiap kali bus berhenti.
Ban menjadi sangat penting peranannya pada keselematan berkendara, sehingga beberapa badan mengeluarkan standar yang intinya setiap produk yang dihasilkan harus memenuhi standar keamanan tertentu. Pada beberapa kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh ban,  karena ban pecah karena tekanannya terlalu tinggi (over inflation) ditambah aspal yang panas sehingga tambah memuai tekanannya.  Tekanan yang tidak sesuai selain membahayakan juga mengakibatkan ban cepat haus, secara visual, jika ban tersebut diisi berlebihan maka sisi tengahnya akan cepat aus, sedangkan bila kurang tekanannya (under inflation)maka sisi luar yang akan cepat aus.
Dalam sebuah perusahaan bus pariwisata,penentuan jenis dan tipe ban sangatlah penting mengingat kesuksesan perjalanan pariwisata sangatlah ditentukan oleh kelancaran bus.Ada dua pilihan tipe ban yaitu ban yang memakai ban dalam dan ban yang tidak memakai ban dalam yang dikenal dengan nama ban tubeless.Pada saat ini Bus Pariwisata GeGe Transwisata Yogyakarta,semua armadanya sudah memakai ban tubeless.Pemilihan ini berdasar kenyamanan dan keamanan berkendara.
Sekarang banyak bus pariwisata menggunakan ban tubeless. Namun, tidak semua orang akan tahu kenyamanan yang dapat memberikan ban tubeless.
Ban tubeless ditemukan pada tahun 1903,kemudian tahun 1954, pembuatnya menghentikan produksi ban tubeless. Sekitar 13 tahun yang lalu ban tuibeless masuk ke Vietnam kemudian berkembang selama 5 tahun.Sampai saat itu berbagai kendaraan masih menggunakan ban dalam.
Kenapa kemudian  ban tubeless untuk menjadi "populer".

Struktur
Dari segi stuktur,ban tubeless dibuat lebih tebal,permukaan dalam ban tubeless juga dilapisi denganpermeabilitas tahan panas,sehingga jika bus berjalan dengan beban berat dan keadaan panas akan terkurangi ini mengurangi keausan ban. Juga ketika bus beroperasi pada kecepatan tinggi menikung, atau ketika kemiringan kendaraan, struktur kelas ban tubeless dirancang untuk menghindari banyak distorsi kendaraan serta membantu memastikan tenang dan stabil.Selain itu,struktur ban tubless tanpa ban dalam,akan mengurangi gesekan, pada ban biasa gesekan ban luar dan dalam akan membutuhka energy dari BBM.

Keselamatan
Kasus-kasus berisiko adhesi ban terutama karena paku dan benda tajam.Dengan ban tubeless,apabila ban tertancap paku atau benda tajam kecil lainnya,tidak serta merta kempes.